PENYAKIT BLAS (Pyricularia Oryzae Cav) PADA TANAMAN PADI

Written By Unknown on 10/07/2013 | 5:50 pm


Penyakit Blas (Pyricularia oryzae)
a. Nama Umum   : Penyakit Blas
b. Nama Ilmiah   : Pyricularia oryzae
c. Klasifikasi
­         – Kingdom   : Myceteae
­         – Divisi         : Amastigomycota
­         – Subdivisi   : Deuteromycetina
­         – Kelas         : Deuteromycetes
­         – Ordo          : Moniliales
­         – Famili        : Moniliaceae
­         – Genus        : Pyricularia
­         – Spesies      : Pyricularia oryzae (Alexopoulus dan Mims, 1979).

d. Penyebab Penyakit
Penyakit blas disebabkan oleh cendawan Pyricularia grisea (Cooke) Sacc. (sinonim dengan Pyricularia oryzae) (Rossman et al., 1990).
e. Ciri Mikro Patogen
Secara morfologi, cendawan Pyricularia oryzae mempunyai konidia berbentuk bulat, lonjong, tembus cahaya, dan bersekat dua (3 ruangan) (Ou, 1985). Satu daur penyakit dimulai ketika spora cendawan menginfeksi dan rnenghasilkan suatu bercak pada tanaman padi dan berakhir ketika cendawan bersporulasi dan rnenyebarkan spora baru rnelalui udara. Apabila kondisi lingkungan menguntungkan, satu daur dapat terjadi dalam waktu sekitar 1 minggu. Selanjutnya dari satu bercak dapat rnenghasilkan ratusan sampai ribuan spora dalam satu malam dan dapat terus rnenghasilkan spora selama lebih dari 20 hari. Pada kondisi kelembapan dan suhu yang mendukung, cendawan blas dapat mengalami banyak daur penyakit dan menghasilkan kelimpahan spora yang dahsyat pada akhir musim. Tingkat inokulum yang tinggi ini sangat berbahaya bagi tanaman padi yang rentan (Scardaci et al., 1997).
f. Bioekologi Patogen
Daur penyakit blas meliputi tiga fase yaitu infeksi, kolonisasi, dan sporulasi (Leung dan Shi, 1994). Fase infeksi diawali dengan pembentukan konidia bersepta tiga yang dilepaskan oleh konidiator. Konidia berpindah ke permukaan daun yang tidak terinfeksi melalui percikan air atau bantuan angin. Konidia menempel pada daun karena adanya perekat atau getah di ujungnya (Hamer et al., 1988). Konidia akan berkecambah pada kondisi optimum dengan cara membentuk buluh-buluh perkecambahan yang selanjutnya menjadi appresoria (Bourett dan Howard, 1990). Appresoria akan menembus kutikula daun dengan bantuan melanin yang ada pada dinding appresoria. Proses penetrasi appresoria pada kondisi optimum berlangsung 8-10 jam (Chumley dan Valent, 1990). Pertumbuhan hifa yang terus terjadi menyebabkan terbentuknya bercak. Pada kelembapan yang tinggi, bercak pada tanaman yang rentan menghasilkan konidia selama 3-4 hari. Konidia ini sangat mudah tersebar dan merupakan inokulum untuk infeksi selanjutnya (Leung dan Shi 1994).
Penyebaran spora terjadi selain oleh angin juga oleh biji dan jerami. Cendawan P. oryzae mampu bertahan dalam sisa jerami sakit dan gabah sakit. Dalam keadaan kering dan suhu kamar, spora masih bertahan hidup sampai satu tahun, sedangkan miselia mampu bertahan sampai lebih dari 3 tahun. Sumber inokulasi primer di lapang pada umumnya adalah jerami. Sumber inokulasi benih biasanya memperlihatkan gejala awal pada pesemaian. Untuk daerah tropis, sumber inokulasi selalu ada sepanjang tahun, karena adanya spora di udara dan tanaman inang lain selain padi (Tasugi dan Yoshida, 1959).
g. Gejala
Cendawan P. oryzae dapat membentuk bercak pada daun padi, buku batang, leher malai, cabang malai, bulir padi, dan kolar daun (Chen, 1993; Scardaci et al., 1997). Bercak pada pelepah daun jarang ditemukan. Bentuk khas dan bercak blas daun adalah belah ketupat dengan dua ujungnya kurang lebih runcing. Bercak yang telah berkembang. bagian tepi berwarna coklat dan bagian tengah berwarna putih keabu-abuan. Bercak bermula kecil berwarna hijau gelap, abu-abu sedikit kebiru-biruan. Bercak ini terus membesar pada varietas yang rentan, khususnya bila dalam keadaan lembab. Bercak yang telah berkembang penuh mencapai panjang 1—1,5 cm dan lebar 0,3—0,5 cm dengan tepi berwarna coklat. Bercak pada daun yang rentan tidak membentuk tepi yang jelas. Bercak tersehut dikelilingi oleh warna kuning pucat (halo area), terutama pada lingkungan yang kondusif, seperti keadaan lembab dan ternaungi. Selain itu, perkembangan bercak juga dipengaruhi oleh kerentanan varietas dan umur bercak itu sendiri. Bercak tidak akan berkembang dan tetap seperti titik kecil pada varietas yang tahan. Hal ini karena proses perkembangan konidia dan cendawan P. oryzae dalam jaringan inangnya terhambat. Bercak akan berkembang sampai beberapa millimeter berbentuk bulat atau elips dengan tepi berwarna coklat pada varietas dengan reaksi moderat (Nisikado, 1926; Ou, 1985; dan Sueda, 1928). Pada lingkungan yang kondusif, blas daun dapat menyebabkan kematian keseluruhan tanaman varietas rentan yang masih muda sampai stadia anakan (Scardaci et al., 1997).
Infeksi pada buku batang menyebabkan bercak berwarna coklat atau hitam dan batang patah (Ou, 1985) dan kematian yang menyeluruh pada batang sebelah atas dan buku yang terinfeksi (Scardaci et al., 1997). Infeksi pada malai menyebabkan blas leher, bercak coklat pada cabang malai dan bercak coklat pada kulit gabah (Ou, 1985). Apabila blas leher terjadi lebih awal akan mengakibatkan malai mati secara prematur, putih dan kosong secara menyeluruh, sedangkan jika blas leher terjadi kemudian menyebabkan pengisian bulir padi tidak sempurna dan mutu biji menjadi rendah (Scardaci et al., 1997). Infeksi P. oryzae pada malai akan menyebabkan leher malai membusuk dan bulir padi menjadi hampa (Semangun, 1991).
Serangan P. oryzae pada kolar daun (daerah pertemuan antara helaian daun dan pelepah) menimbulkan gejala blas kolar berwarna coklat. Blas kolar yang terjadi pada daun bendera atau pada daun kedua terakhir dapat menyebabkan pengaruh yang nyata pada produksi padi (Scardaci et al., 1997).

Gambar 2. Gejala penyakit blas daun (A), blas leher (B), blas buku (C), dan blas kolar (D) (Santoso dan Nasution ,2012)
Gambar 3. Gejala penyakit blas daun (Encyclopedia of life, 2012)
h. Pengendalian
Menurut Santoso dan Nasution (2012) pengendalian penyakit blas dapat dilakukan dengan menggunakan varietas tahan, diversifikasi varietas padi, cara bercocok tanam dan pendekatan kimiawi.
­         Ketahanan Varietas
Cara yang paling efektif, murah dan ramah lingkungan dalam pengendalian blas adalah penggunaan varietas tahan. Ketahanan varietas padi pada penyakit blas umumnya mudah patah. Ketahanan varietas unggul yang dilepas patah setelah beberapa musim tanam. Penggunaan varietas tahan tersebut harus disesuaikan dengan sebaran ras yang dominan di suatu daerah. Apabila tanaman padi ditanam berturut-turut sepanjang tahun, maka pergiliran varietas atau rotasi gen harus dilakukan. Beberapa varietas yang masih menunjukkan reaksi tahan sampai sekarang adalah Limboto, Danau Gaung, Situ Patenggang, dan Batutegi.
­         Diversifikasi Varietas Padi
Diversifikasi varietas padi dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:
1. Penanaman varietas yang berbeda secara berseling-seling;
2. Pelepasan galur secara terus-menerus;
3. Penanaman sejumlah varietas/galur dalam suatu hamparan.
­         Pendekatan Cara Bercocok Tanam
Pengendalian penyakit blas dengan pendekatan cara bercocok tanam dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:
1. Pemakaian jerami sebagai kompos;
2. Penggunaan pupuk nitrogen dengan dosis;
3. Waktu tanam yang tepat.
­         Pendekatan Kimiawi
Pengendalian penyakit blas dengan pendekatan kimiawi dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:
1. Cara perendaman benih (soaking) dalam fungisida;
2. Penyemprotan tanaman dengan fungisida.


DAFTAR PUSTAKA
Alexopoulos, C.J. and C.W. Mims. 1979. Introductory Mycology. John Wiley and Sons, New York. 631 p.
Bourett, T.M. and R.J. Howard. 1990. “In Vitro Development of Penetration Structure in the Rice Blast Fungus Magnaporthe grisea”. Can. J. Bot., 68: 329–342.
Chen, D. 1993. “Population Structure of Pyricularia grisea (Cooke) Sacc. In Two Screening Site and Quantitative Characterization of Major and Minor Resistance Genes”. A Thesis Doctor of Philosophy. Los Banos: University of the Philippines at. 161p.
Chumley, F.G. and B. Valent. 1990. “Genetic Analysis of Melanin Deficient, Non Pathogenic Mutants of Magnaporthe grisea. Mol”. Plant-Microbe Interact., 3: 135–143.
Encyclopedia of life. Pyricularia oryzae. http://content60.eol.org/content/ 2012/02/21/00/24570_580_360.jpg. Diakses 27 Desember 2012.
Hamer, J.E. et al. 1988. ”Host Species-Specific Conservation of Repeated DNA Elements in the Genome of a Fungal Plant Pathogen”. Proc. Natl. Acad. Sci., 86: 9981–9985.USA.
Leung, H. and Z. Shi. 1994. “Genetic Regulation of Sporulation in the Rice Blast Fungus”. In Zeigler, R.S.,et al.(Ed.), Rice Blast Disease. P.65–86. Manila.Philippines: CAB International IRRI.
Nisikado, Y. 1926. “Studies on Rice Blast Diseases”. Bulletin of Bureaux of Agriculture. Ministry of Agriculture and Forestry. Japan, 15: 1–211.
Ou, S.H. 1985. Rice Disease. 2nd ed. Commonwealth Mycological Institute Kew, Surrey. England. 380p.
Ou, S.H. 1985. Rice disease. 2nd ed. Commonwealth Mycological Institute Kew, Surrey. England. 380p.
Rossman, A.Y. et al. 1990. Pyricularia grisea, the Correct Name for the Rice Blast Disease Fungus. J.Mycologia, 82: 509-512.
Santoso dan Anggiani Nasution. Pengendalian Penyakit Blas Dan Penyakit Cendawan Lainnya. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. http://bbpadi.litbang.deptan.go.id/index.php/in/download/finish/19/485/0. Diakses 26 Desember 2012
Scardaci, S.C. et al. 1997. Rice Blast: a New Disease in California. Agronomy Fact Sheet Series 1997-2. Davis: Department of Agronomy and Range Science, University of California. 3p.
Semangun, H. 1991. Penyakit-Penyakit Tanaman Pangan di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 449p.
Sueda, H. 1928. “Studies on the Rice Blast Diseases”. Report. Government Research Institute. Department of Agriculture. Formosa, 36: 1–130.
Tasugi, H. and L. Yoshida. 1959. “Relation between Rice Blast Resistance and Suhue Environment”. Ann. Phytopath. Soc. Japan.




Ditulis Oleh : Unknown ~Balconystair

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul PENYAKIT BLAS (Pyricularia Oryzae Cav) PADA TANAMAN PADI yang ditulis oleh Balconystair Jika Anda menyukai artikel ini, silakan klik like atau tombol g+, Anda diperbolehkan mengcopy paste artikel ini dengan catatan mencantumkan sumbernya. Terima Kasih dan sering-sering mampir, ya.. :) Salam Blogger!!

Blog, Updated at: 5:50 pm

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas kujungan anda. Komentar anda akan sangat bermanfaat untuk kemajuan blog ini.


Popular Posts

Balconystair. Powered by Blogger.